Cara Menulis Artikel Blog yang Berkualitas dan SEO Friendly

Saya masih ingat ketika pertama kali memulai perjalanan blogging bersama Rekam Jejak Sang Pemimpi. Menulis artikel tidak sesuai standar SEO alias sangat jauh dari kata SEO Friendly. Namun tetap saja saat itu saya tetap rutin mengisi blog dengan info-info terkait cara pengiriman naskah ke media. Alasan kuatnya, karena saya ingin menyampaikan tulisan tersebut ke lebih banyak pembaca.

Awal Februari 2024 ini, alhamdulillah, saya bersama beberapa teman blogger yang tergabung dalam BRT Growth Organic berkesempatan belajar tentang Cara Menulis Artikel Blog yang Berkualitas dan SEO Friendly. Seperti niat saya sebelumnya yang ingin tulisan tersebar ke banyak pembaca, ternyata tanpa penulisan sesuai SEO itu kecil sekali kemungkinannya.

Kesalahan Menulis Artikel Blog, Jangan Sampai Terulang


artikel-blog-seo-friendly


Menulis artikel blog bisa saya dituliskan secara cepat. Begitu mod datang segera eksekusi tulisan. Namun beberapa survei yang dilakukan pada teman blogger dengan tipikal seperti ini, mereka tidak bertahan lama. Malah domain yang sudah nempel di alamat rumah maya itu seolah terabaikan. Istilahnya, blog dibiarkan menjadi sarang laba-laba. Sayang sekali, ya, kan?

Hanya ikuti moody


Ngapain harus mengikuti kalau bisa menciptakan, ya, kan? Jika mengikuti moody bisa jadi konsisten menulis itu tidak akan pernah tercapai, berbeda halnya jika kita menciptakan moody. Terasa terpaksa dan dipaksa? Percayalah ini hanya terjadi di awal sebelum menjadi terbiasa.

Tidak membuat perencanaan tulisan


Balik lagi, jika menulis berdasarkan moody, bisa jadi menulis di blog akan melompat-lompat. Minggu ini tidak menulis, minggu depan menulis. Atau bisa jadi minggu ini terisi dua artikel, sedangkan minggu depan tak satupun artikel yang tercipta. Beda halnya jika seorang blogger sudah membuat perencanaan postingan dan hari penayangan.

Kurang motivasi


Mengikuti kelas menulis adalah salah satu cara membangun motivasi. Saat bersama dalam satu grup blogger, akan selalu ada info terbaru, entah tentang postingan teman atau tantangan. Tergabung dalam grup seperti ini akan meningkatkan motivasi menulis. Beda cerita jika menulis artikel blog dilakukan secara sendirian. Minim motivasi jadilah menulis tergantung moody.


Tips Menulis Artikel Blog yang Berkualitas dan SEO Friendly


tips-artikel-blog-mudah-ditemukan


Baiklah, agar kesulitan tidak terulang, haruslah ada sebuah formula yang diterapkan dalam tiap tulisan, bukan.

Jangan abai pada keyword/kata kunci


Mari identifikasi kata kunci utama berdasarkan volume pencarian, kesulitan kata kunci, dan klik bulanan rata-rata, tujuan pengguna, target audiens, dan hal lainnya.

Caranya, bisa dengan menggunakan Google Search dan PAA (People Also Ask). Ini mudah gratis! Temukan apa saja yang sering menjadi pertanyaan orang-orang lalu rangkailah artikel yang memuat jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Bisa juga menggunakan tools lain seperti Ubersuggest, Ahrefs, Moz, Whatsmyserp, dan lainnya. Tools ini bisa jadi hanya bisa digunakan secara terbatas jika berada dalam mode gratisan, tetapi bisa membantu, kok.

Meski sudah menentukan kata kunci jangan lupa untuk memastikan penggunaan kata kunci tidak berlebihan, ya. Hindari spam.

Strategi Distribusi Kata Kunci


Peletakan kata kunci nggak bisa berlebihan, kan? Oleh sebab itu harus ada strategi peletakan kata kunci ini. Di mana saya, ya? Yuk lanjut!

Kata kunci harus diletakkan pada:
  • Judul artikel
  • Paragraf pertama
  • Headings
  • Url/slug
  • Alt text image
  • Meta description

Struktur Artikel Agar Tulisan Menemukan Lebih Banyak Pembaca


belajar-menulis-artikel-seo-friendly.webp


Bagaimana penerapannya? Mari kita lanjut pada pembahasan tentang struktur artikel.

  • Artikel berbentuk listicle
  • Menggunakan struktur judul yang tepat: H1, H2, H3, dll
  • Tulis artikel dalam paragraf pendek, biasanya terdiri dari 2-3 kalimat per paragraf.
  • Artikel terdiri dari minimal 750 kata

Contoh penerapan struktur artikel yang tepat bisa sobat temukan saat mengeceknya menggunakan tools MSI (META SEO inspector). Sedikit saran dari saya, jika tidak ingin ribet dengan urusan penerapan ini, sobat bisa mempertimbangkan untuk menggunakan template blogger premium (khusus tim blogger pengguna blogspot).

Judul Artikel Blog


Judul artikel hendaknya terdiri dari kata kunci utama, dengan syarat lanjutan:

  • Judul artikel tidak boleh lebih dari 65 karakter
  • Panjang judul meta antara 50-60 karakter pencarian hasil.
  • Optimalkan judul agar menarik klik pembaca
  • Buat sub judul dalam artikel seperti halnya pembuatan judul

Optimasi URL

  • URL tidak boleh sama persis dengan judul
  • Panjang URL antara 50-60 karakter
  • Terdiri dari kata kunci utama
  • Hindari penggunaan angka dalam URL, siapa tahu kelak isi artikel diperbaharui

Meta Deskripsi

Jumlah karakter dalam meta deskripsi tidak melebihi 155 karakter atau 400-750 piksel untuk mencegah pemotongan di SERP.

  • Berisi penjelasan ringkas dan menarik tentang gambaran umum isi artikel
  • Gunakan kalimat aktif, unik, dan gabungkan relevansi kata kunci
  • Meski begitu terkadang Google memilih deskripsi meta yang pas yang lebih sesuai.

Optimasi Gambar

  • Ukuran file gambar tidak boleh lebih dari 100 Kb dengan dimensi ukuran 1280 x 720 piksel.
  • Ekstensi gambar dalam format .webp
  • Gunakan gambar bebas hak cipta
  • Edit gambar gratis sehingga unik dan tambahkan logo.
  • Gunakan gambar premium dan buat infografis
  • Gunakan teks ALT untuk gambar, bisa berupa kata kunci atau nama foto

Contoh: Nama file gambar saat disimpan: decluttering-bagi-penulis.webp

Penutup


artikel-blog-berkualitas


Demikian cara menulis artikel blog yang berkualitas dan seo friendly berdasarkan Kelas Blogger BRTNetwork yang berlangsung via Google Classroom kemarin.

Beruntung Mbak Monica Anggen berkenan memberikan tips yang sepintas terlihat rumit, tetapi yakinlah jika rutin dilakukan lama kelamaan secara otomatis, menulis artikel di blog tidak perlu lihat contekan poin-poin ini tetapi bisa langsung diterapkan. Ingin belajar blogging juga? Yuk, ikut kelas BRT lainnya!

Jangan ulangi kesalahan yang sama dalam penulisan artikel blog dan terapkanlah poin-poin di atas agar keterbacaan tulisan kita melesat dan menemukan lebih banyak pembaca! Siap? (*)
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Artikel Blog yang Berkualitas dan SEO Friendly"