Kembangkan Progres Kecil Ngeblog Domain Baru Biar Melesat!

Selamat datang domain baru yang tak baru! Hehehe, maksudnya gimana, tuh? Domain blog ini sebenarnya sudah saya inginkan sejak dua tahun yang lalu. Sayangnya waktu saya mengecek ketersediaan di provider, domain tersebut sudah dipakai sebuah marketplace. Sedih pasti. Namun saya nggak mau sedih terlalu lama, saya pun membeli domain my id.

Ketika kehilangan salah satu domain karena problem internal, hati mengarahkan saya untuk mengecek kembali domain ini. Masyaallah, saya sangat bersyukur karena domain ini sedang memasuki masa expired. Meski masih ada kemungkinan diperpanjang sang pemilik lama, saya berdoa semoga dia berniat melepaskannya.

Alhamdulillah, Desember 2023 ini domain sylviany.com bisa saya pakai. Padahal saya sempat agak keki dengan nama sylviany yang kerap salah dalam penulisan data-data pribadi sehingga butuh waktu lebih lama karena harus perbaikan dahulu. Nyatanya, sylviany ini nama yang cukup sengit persaingannya. Hahaha.

Baiklah, domain baru itu artinya harus ada progres baru dalam per-blog-an. Jangan sampai sudah berlelah-lelah memantau status si domain hingga available, terus dianggurin. Wuih, sayangnya, ya!

Progres Kecil bisa Menjadi Besar Jika ...


Lantas, apakah impian yang ingin saya gapai bersama domain sylviany yang masih berumur hitungan hari ini.

kembangkan-blog-domain-baru

1. Ikutan TRIDOP


Alhamdulillah saya bisa berkenalan dengan TRIDOP. Dalam program ini kami, para peserta, akan menulis artikel blog sesuai tema yang telah ditentukan per tiga hari. Kabarnya program ini pun berlangsung per 3 atau 4 bulan. Jadi memang benar-benar tak terlalu memberatkan untuk melatih kekonsistenan.

2. Rapikan html tema


Agar blog makin diminati untuk dikunjungi tampilannya harus rapi. Jadi, saya mencoba memakai tema yang sudah mendapatkan banyak testimoni baik. Untuk blog ini saya menggunakan tema dari Mas Sugeng. Ada juga beberapa tutorial yang saya terapkan berdasarkan hasil search atau diskusi dengan teman blog.

3. Lebih rajin blogwalking


Awalnya saya agak malas-malasan ikutan blogwalking dengan alasan waktu. Nah, belakangan karena tuntutan job blog, saya ikutan BW sekitar 30-an blog. Ketika saya cek di minggu kedua alhamdulillah ada kenaikan DA blog secara signifikan.

4. Mulai membenahi media sosial terhubung


Media sosial instagram menjadi media sosial yang harus saya optimasi karena beberapa job membutuhkan media sosial selain tulisan di blog.

Alhamdulillah untuk ilmu dasarnya saya sudah punya seperti cara mengatur ukuran postingan di canva agar hasilnya tepat saat diunggah ke instagram, pemilihan warna, dan beberapa hal lain. Bisa jadi progres saat ini terlihat kecil tetapi bukan berarti tidak ada, hehehe.

5. Belajar bikin konten plan


Tentang konten plan sedang coba saya pelajari karena berdasarkan anjuran blogger senior, konten plan akan memudahkan kita saat membuat konten blog sesuai jadwal. Nggak lagi deh ada istilah buntu ide menulis.

Saya menyadari bahwa progres saya sejauh ini dalam ngeblog belumlah maksimal. Masih banyak kendala yang seharusnya bisa diminimalisasi dengan sebuah pengaturan waktu yang baik. 

Saya ikutan TRIDOP, merapikan html tema, lebih rajin blogwalking, mulai membenahi media sosial terhubung dan belajar bikin konten plan adalah sebagai upaya membesarkan hasil yang bisa didapatkan saat konsisten menulis di blog.

Meski jalan yang ditempuh saya yakin tak selalu mulus, tapi dengan terus berusaha tak ada proses yang akan mengkhianati hasil, bukan?

Sahabat punya progres kecil apa untuk mencapai hasil besar sesuai impian dalam ngeblog? Yuk, berbagi di kolom komentar!
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

6 komentar untuk "Kembangkan Progres Kecil Ngeblog Domain Baru Biar Melesat!"

  1. wah semangat kak untuk domain barunya, semoga terus semangat dan konsisten. karena dua ini ya yang bikin kita bertahan ngeblog :')

    btw TRIPOD itu apa ya kak? pengen tahu infonya dong, aku pengen ikutan hihi

    BalasHapus
  2. Unik memang penulisan "Sylviany" dengan 2 huruf y, tapi aku heran, kok ada yang pakai, ya, Mbak? Padahal termasuk nama yang unik.
    Semoga semua rencana yang ditulis segera terwujud sesuai target, ya. Kalau aku masih PR banget yang namanya mewujudkan content plan, hehehehe..

    BalasHapus
  3. Benar banget kak harus konsisten kalau sudah memulai jangan setengah-setengah

    BalasHapus
  4. Tulisan kakak jadi self reminder buat aku. Kayaknya 2024 harus membenahi blog biar performa makin baik. 2023 agak dianak tirikan, hehehe...

    BalasHapus
  5. Akutu yakin, ka sylviany ini blogger lawas.
    Tapi kemarin pas BW baru nyadar, kenapa baru beberapa artikel?
    Apa migrasi gitu yaa..

    Alhamdulillah, kini uda punya rumah yang nyaman untuk menulis.
    Semoga target menulisnya bisa lancar dan blognya semakin membuat penulis dan pembaca, sama-sama bahagia.

    BalasHapus
  6. wah.. aku juga baru migrasi nih dari blog gratisan ke blog TLD, tahun baru pengen punya tantangan baru, nulis blog baru, hihi.. blog lama sebenernya, tapi rasa baru karena TLD :D

    BalasHapus