Tema Cerita Anak yang Menarik bagi Pembaca Cilik

Sebelum menulis cerita anak, setidaknya terdapat tujuh hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah memilih tema cerita yang relevan dengan dunia anak-anak. 

Caranya, dengan menggunakan imajinasi dan kreativitas untuk menciptakan kisah yang dapat menginspirasi dan menghibur pembaca cilik.

Bagi para pejuang naskah media, memilih tema cerita anak yang menarik ada formulanya, lo. Sayang sekali jika seorang penulis sudah merangkai cerita semenarik mungkin (menurutnya), tetapi ternyata tidak disukai pembaca cilik.

Celakanya, jika tulisan ini dikirimkan ke media dan redaktur menilai peluang kecil naskah tersebut disukai pembaca cilik, sampai kapanpun, tulisan tersebut tidak akan pernah dimuat.

Tema Cerita Anak yang disukai Pembaca Cilik


Tema Cerita Anak yang Menarik


1. Keberanian


Lewat cerita anak bertema keberanian, pembaca cilik seakan mengalami petualangan yang memacu adrenalin. Ia akan ikut menikmati perjalanan tokoh saat melewati rintangan demi rintangan untuk mencapai tujuan.

2. Persahabatan


Tema ini termasuk tema abadi karena persahabatan akan selalu terjadi dalam fase hidup anak. Dari cerita anak bertema persahabat, anak terlatih untuk menghargai sebuah jalinan hubungan dengan individu lain.

3. Keinginan


Setiap anak sepertinya sudah terlatih untuk memiliki cita-cita sejak usia dini. Saat ia membaca cerita anak bertema keinginan, ia akan belajar untuk lebih semangat dalam menggapai impiannya sendiri. 

Anak jadi memahami bahwa apa yang ia lakukan saat ini belum seberapa besar dibandingkan anak lain. Ia juga merasa tidak sendiri karena di pelosok lain ada anak seusianya yang juga sedang berjuang menggapai impiannya.

4. Keluarga


Anak juga menyukai cerita yang mengangkat kisah keluarga. Dalam keluarga, anak berinteraksi dengan ibu, saudara, nenek, dan lain sebagainya. 

Dari cerita bertema keluarga ini, anak bisa belajar tentang bagaimana harus bersikap dengan anggota keluarganya.

5. Kesedihan


Meskipun banyak cerita anak yang berakhir bahagia, kita bisa juga membuka cerita dengan kesedihan yang kemudian berakhir dengan kebahagiaan pula.

Dari cerita bertema ini anak belajar bahwa perjuangan untuk menggapai cita itu bisa jadi dipenuhi aral rintangan, tetapi bukan tidak mungkin digapai.

Demikian lima tema cerita anak yang disukai pembaca cilik. Apakah sobat punya pendapat lain tentang tema ini? Atau pernah menulis cerita anak yang meninggalkan kesan di dalam hati? Yuk, berbagi di kolom komentar.

Ohya, sobat bisa mendapatkan contoh cerita anak yang sudah lolos kurasi redaktur sehingga dimuat di media massa pada blog tenaga kesehatan ini, ya! (*)
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar untuk "Tema Cerita Anak yang Menarik bagi Pembaca Cilik"