Review Naskah dari Para Mentor, Apakah Penting?

Sayembara, lomba, seleksi bimbingan dan teknologi, semua informasi ini seolah nggak ada habisnya sejak sebulan terakhir. Apalagi peserta yang disasar pun semua adalah penulis cerita anak.

Sejak info itu hadir, banyak pula kelas-kelas menulis yang muncul. Materi yang disampaikan sungguh membuat para peserta lomba seolah sangat sayang untuk melewatinya karena membahas tip dan trik mempersiapkan naskah untuk memenangkan lomba.

Selanjutnya, beberapa pekan terakhir muncul pula postingan senior di bidang kepenulisan anak yang membuka kelas untuk review naskah peserta lomba menulis cerita anak. Jika tadi bicara tentang kelas yang dibuka untuk umum ini lebih spesifik karena langsung menyentuh pribadi.

Sebagai seorang yang ingin memenuhi ikhtiar menuju kemenangan, apakah penting bagi kita juga terlibat dalam proses kelas hingga review naskah?

Review Naskah, Lanjut Ikut atau Skip?


jasa-review-naskah

Bagi saya, mengikuti kelas mungkin sudah tak terhitung lagi. Apalagi banyak kelas dengan marteri wah tetapi memerlukan biaya yang cukup terjangkau untuk mengikutinya. Tentang review naskah, apakah kriteria yang perlu dipenuhi sebelum saya lanjut mengikuti?

Rekam Jejak Mentor


Jelas jika jasa review sudah dibuka, beliau tentu seseorang yang berkompeten di bidangnya. Saya akan melakukan penelusuran di akun media sosial mereka untuk lebih memantapkan diri untuk bergabung atau tidak dengan jasa review yang beliau buka.

Jika saya mengenal salah satu dari teman yang sudah menggunakan jasa beliau, saya juga tak akan ragu untuk menghubungi dan mendapatkan testimoni secara langsung.

Pembawaan Mentor Saat di Kelas


Beruntung juga jika saya pernah mengikuti salah satu kelas yang beliau adakan. Saya jadi punya gambaran seperti apa jasa review yang ia akan bawakan. Ada, kan, ya, gaya penyampaian mentor yang kurang pas dengan penerimaan kita?

Bujet yang Disepakati


Poin ketiga, tetapi sangat berpengaruh pada pengambilan keputuan untuk lanjut atau tidak mengikuti jasa review naskah. Jika fasilitas yang ditawarkan disandingkan dengna biaya masih mencukup bujet, saya tak akan ragu untuk langsung transfer.

Namun jika dinilai masih kurang dari ekspektasi, bolehlah saya sabar dahulu karena bisanya jasa review naskah ini tidak hanya dibuka oleh satu orang penulis. Bisa jadi terbuka kesempatan lainnya yang sesuai bujet kita, kan?

Memilih untuk menggunakan jasa review naskah ataiu tidak adalah keputusan kita setelah mepertimbangkan sejauh apa kita membutuhkan peluang itu. Jika kita rasa sudah saatnya, ayo lanjut. Namun jika belum, yakinlah masih banyak kesempatan lain yang membuat kita bisa lebih dekat lagi dengan impian. (*)
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar untuk "Review Naskah dari Para Mentor, Apakah Penting?"